Rabu, 03 September 2014



1. Antarmuka yang lebih teratur dan efisien
Secara sekilas, antarmuka AƖƖ In One SEO Pack terlihat ribet dan membingungkan, karena semua fitur SEO-nya di tampilkan pada satu halaman penuh ”mulai dari konfigurasi  Home Title,Home Description sampai  Canonical URLs dijejalkan dalam satu halaman.
Berbeda dengan SEO Ultimate dimana halaman setting umum dan konfigurasi SEO dipisahkan dalam panel yang berbeda. Halaman setting umum dimasukkan dalam panel Settings, sedangkan konfigurasi SEO disatukan dalam panel terpisah. Bermacam-macam konfigurasi SEO ini ”sepertiMeta Editor,  Noindex Manager,  Title Rewriter ”juga dipisahkan lagi menjadi beberapa sub-panel berbeda dalam satu panel sehingga pengaturan fitur SEO tertentu akan terasa lebih mudah.
2. Tanpa Meta Keyword generator
Salah satu alasan barrier mendasar kenapa saya sibuk mencari plugin pengganti AIO SEO dulu adalah fitur meta keyword generator yang terdapat pada plugin AIO SEO Pack. Entah versi saat ini sudah ditiadakan apa belum, yang pasti saya terganggu dengan banyaknya meta keyword yang ter-generate secara otomatis di halaman depan blog ini, dan pada waktu itu saya tidak menemukan opsi untuk menonaktifkan fitur ini selain menggantinya dengan keyword pilihan sendiri.
Mengapa saya terganggu dengan  
<meta name="keyword" /> ini? Karena saya sama sekali tidak ingin lagi menambahkan meta keyword di halaman apapun blog ini ”terlebih lagi secara resmi  Google tidak lagi menggunakannya dalam sistem perangkingan mereka.
Kalau saat ini anda masih sibuk menentukan pilihan keyword apa saja yang barrier tepat disisipkan pada meta keyword setiap postingan, dan berharap usaha itu membantu menaikkan posisi blog anda di SERP, maaf kalau saya katakan bahwa hal itu sia-sia dan sangat membuang waktu karena Google akan mengabaikannya
3. Parameter Title Rewriter yang mudah dipahami
Title Rewriter merupakan fungsionalitas yang terdapat pada kedua plugin tersebut, yang berfungsi mengubah tag  <title> default themeWordPress kita menjadi title yang lebih SEO-friendly sesuai keinginan kita.
Kedua plugin sama-sama memberi keleluasaan mengganti title halaman secara spesifik (walaupun SEO Ultimate sedikit lebih lengkap dengan pengaturan title halaman arsip berbasis tanggal). Akan tetapi, semua parameter yang digunakan keduanya sama sekali berbeda. Parameter Title Rewriter SEO Ultimate relatif lebih mudah dipahami daripada AIO SEO.
Sebagai contoh perbandingan, format title postingan adalah  
{post} | {blog} pada SEO Ultimate, sedangkan pada AIO SEO ditulis  %post_title% | %blog_title%. Pengaturan parameter arsip berbasis tanggal dengan SEO Ultimate bisa diatur sesuka hati menggunakan parameter  {day},{month}, dan  {year}, yang tidak bisa dilakukan pada plugin yang lainnya yang hanya mempunyai parameter  %date%.
4. Pengaktifan fitur SEO bisa diatur dengan Module Manager
Plugin SEO yang saya gunakan sekarang mempunyai Module Manager, untuk mengatur fitur apa saja yang ingin digunakan. Seperti yang telah saya tulis pada poin 1 fitur SEO plugin ini dibedakan menjadi beberapa modul yang berbeda. Jadi apabila kita tidak ingin menggunakan salah satu atau beberapa modul tersebut ”misalnya Title Rewriter, Noindex Manager, dan 404 Watch ”bisa dinonaktifkan melalui Module Manager.
5. Export, Import, dan Reset setting data
Plugin SEO Ultimate memungkinkan mengekspor, impor, dan mengembalikan pengaturan plugin dan modulnya ke pengaturan awal. Walaupun data spesifik seperti page title dan meta data tidak bisa diekspor (hanya bisa di-backup menggunakan  backup database biasa), fitur ini cukup membantu apabila kita hendak menginstal plugin tersebut pada blog lain.
6. Fitur tambahan
Beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki AƖƖ In One SEO Pack diantaranya kemudahan menambahkan kode meta tag verifikasi beberapa tool search engine terkenal seperti Google Webmaster Tools, Yahoo! Site Explorer, dan Bing Webmaster Center tanpa harus menambahkan kode-kode HTML meta tag secara manual pada  <head>; kemudahan mengatur robots meta tag untuk  noodp dan  noydir, serta penambahan  noindex untuk halaman lain seperti halaman user login/registration, handing out backend, sub-halaman dari homepage, search pages, dan comment feeds.
Selain itu ada satu fitur yang tak kalah menariknya bernama Whitepapers. Whitepapers berisi kumpulan link artikel SEO yang di-bring up tο date secara otomatis dari RSS feed blog pembuat plugin ini.
Saat ini plugin SEO Ultimate tersedia dalam versi 0.7 (versi beta), dan semoga pengembangannya bisa terus dilanjutkan ke versi yang lebih baik lagi.
Bring up tο date: Versi 0.8 telah tersedia dengan penambahan fasilitas  File Editor yang mengijinkan pengeditan file  .htaccess dan  robots.txt melalui dashboard.
Terus terang setelah membaca referensi dari sebuah blog saya langsung membuang AƖƖ In One Seo dan betapa kagetnya setelah mencoba mencari di google post di blog ini malah nongol di halaman kedua dan bahkan kadang2 malah gak terlihat sama sekali. Tp bukan berarti ini salah dari plugin ini tetapi bisa jadi karena saya memakai beberapa plugin yg bertujuan sama. Akhirnya setelah membuang plugin2 pendukung seo lain.. setelah beberapa jam ke depan blog saya langsung nongol lagi di halaman utama google.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar